Senin, 18 Februari 2013

10 hewan teraneh di dunia

  10 Hewan Teraneh di Dunia

1. PLATYPUS (Ornithorhynchus anatinus)

Meskipun binatang malam dan semi akuatik ini bertelur dan mempunyai hidung seperti bebek, Platypus termasuk mamalia karena menyusui anaknya.
Platypus mempunyai organ sensor listrik dan sensor gerakan untuk mendeteksi mangsanya di bagian paruhnya. Platypus jantan mempunyai kemampuan untuk bertahan dengan menggunakan racun.

2. Nils Olav: Penguin penjaga

Penguin Nils Olav sudah menjadi lambang kehormatan sebagai penjaga RAJA NORWEGIA sejak tahun 1972.

 3. TIKUS MONDOK BERHIDUNG BINTANG (Condylura cristata)

Tikus mondok ini mempunyai bulu-bulu anti air berwarna coklat kehitaman dan kaki berukuran besar serta ekor yang panjang dan tebal yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak untuk musim semi.
Tentakel2 di hidungnya sangat sensitif dan dilapisi oleh organ2 sensor Eimer. Diameter hidungnya sekitar 1 cm dengan hampir 25,000 organ sensor pada 22 tentakelnya.
Tikus mondok ini tidak mempunyai kemampuan penglihatan jadi alat2 sensor inilah yang digunakan untuk mendeteksi mangsanya yang berukuran kecil seperti serangga air, cacing dan moluska.
Merupakan binatang tercepat dalam memangsa mangsanya, paling cepat hanya membutuhkan 120 milidetik untuk mengetahui keberadaaan mangsanya dan kemudian memakannya. Otaknya dapat memutuskan suatu mangsa dapat dimakan atau tidak dalam waktu 8 milidetik. Kecepatan ini adalah batas kecepatan dari sel-sel syaraf di otak dalam mentransmisikan informasi. Tikus ini juga memiliki kemampuan untuk mencium mangsa di bawah air. Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan gelembung udara ke mangsanya atau mencium jejak mangsanya dan kemudian menghirup gelembung udara tadi kembali untuk mencium bau mangsanya.
4.. Mata Cumi-Cumi Sebesar Piring Makan

Cumi - cumi Raksasa
Sejumlah ilmuwan memancing seekor cumi-cumi raksasa (colossal squid) di perairan Selandia Baru pada tahun 2008. Mereka menemukan fakta bahwa mata hewan laut tersebut berukuran sebesar piring makan. Ini menjadikan mata cumi-cumi raksasa sebagai mata hewan terbesar di dunia. Colossal squids dapat tumbuh hingga sebesar 46 kaki dan mempunyai tentakel yang dilengkapi dengan pengisap dan pengait. Para ilmuwan meyakini hewan agresif ini mampu menyelam hingga kedalaman 6.500 kaki.



5. Tommy Tucker: Tupai model

Tommy Tucker adlah seekor tupai yang diadopsi oleh seorang wanita di washington DC di awal tahun 1940. Kemudian Tommy Tucker menjadi bagian keluarga dari wanita tersebut. Wanita itu kemudian mendadani Tommy tucker dengan kostum yang unik dan mengabadikan nya di sebuah foto.


6. Kura-Kura berkepala 2

Kura-Kura berkepala 2 yang bertempat tinggal di Kensington di toko hewan Brooklyn. Kura2 berkepala 2 ini menjadi maskot toko hewan ini. Kura2 ini diberikan oleh seorang laki2 kepada Casey di Florida.

  7. IKAN BLOBFISH
 
 
 
Ikan yang mempunyai nama latin Psychrolutes marcidus ini tinggal di perairan lepas pantai Australia dan Tasmania. Selalu menyembunyikan diri sehingga jenis habitat ini jarang sekali bisa trelihat oleh manusia. Ini karena ikan blobfish tinggal pada kedalaman yang memiliki tekanan puluhan kali lebih tinggi daripada permukaan air laut sehingga mengakibatkan paru-paru manusia tidak bisa bekerja dengan sempurna. Inilah yang menyebbakan daging ikan blobfish berbentuk seperti agar-agar sehingga ikan ini bisa melayang diatas dasar laut tanpa harus mengeluarkan energi untuk berenang.


  8. KADAL BERLEHER EMBEL_EMBEL
 
 
 
Terkenal dengan nama kadal berleher embel-embel atau kadal berjumbai atau naga berjumbai memiliki nama latin Chlamydosaurus kingii. Jumbai pada leher kdal ini ditopang oleh duri panjang tulang rawan. Pada saat binatang ini merasa ketakutan maka jumbainya akan mekar, bagian mulutnya akan berwarna merah muda atau kuning cerah. Panjang tubuh hewan ini mencapai 1 meter dan habitat hidupnya di Australia. Di habitat asalnya, hewan ini terkenal dengan nama Kadal sepeda
 

9. Jessica: Kuda Nil 3/4 ton

Jessica adalah Kuda nil dgn berat 3/4 ton. Jessica selalu minum 10 litter kopi setiap hari dan selalu menghancurkan ranjang ketika dia menduduki ranjang itu.
 
 10. Kepiting “Yeti”

Anda tahu hewan bernama yeti? Hewan raksasa legenda masyarakat Nepal dan Tibet ini disebut-sebut menghuni salah satu wilayah pegunungan tertinggi di dunia, Himalaya. Diambil dari nama yang sama, hewan yang diberi nama resmi Kiwa hirsute pada 2005 ini memiliki bulu halus berwarna kuning di kedua capitnya. Ilmuwan menduga capit tersebut digunakan untuk mendeteksi makanan dan mencari pasangan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar